cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca pada port usb laptop/pc

"flashdisk tidak terbaca pada PC / laptop" - posting kali ini saya akan membagikan seputar Flashdisk yang mana masalah utamanya flashdisk tidak terbaca, terkadang banyak sekali orang - orang yang mempertanyakan ini dan yang patut anda pahami dulu awal mula kerusakan atau permasalahan itu terjadi,

masalah ini patut anda lihat baik - baik terutama saat - saat awal dimana flashdisk tidak terbaca, apakah flashdisk pernah terkena air, pernah di colokin kekomputer Bervirus milik teman, dicabut secara mendadak. dlln.

cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca pada port usb
dengan memahami masalah awal mengapa flashdisk tidak terbaca anda akan bisa mengetahui cara - cara mengatasi permasalahan flashdisk tersebut yang tidak terbaca, untuk itu perlu diketahui beberapa faktor yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca atau tidak bisa ditampilkan pada Komputer maupun laptop. 

Berikut beberapa faktor penyebab flashdisk yang tidak terbaca atau rusak.

Penyebab DAN CARA MENGATASI Flashdisk Tidak Terbaca.

    • TERKENA VIRUS - yang perlu diketahui bahwa Flashdisk merupakan media penyimpanan sementara dan media penyimpanan external, dan sifatnya bukan system open source jadi wajar jika terlalu banyak virus akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk, umumnya akan menampilkan pesan "meminta format".
    • cara mengatasinya : yang utama jika hanya terkena virus namun file masih ada di dalam anda bisa mencoba software recovery file usb. yang kedua jika tidak terbaca sama sekali maka cobalah di komputer lain, namun jika masih sama sudah dipastikan system pada usb anda sudah rusak.
    • BELUM MENGINSTALL PORT USB DRIVER - untuk mengecek masalah ini anda dapat menuju kedevice manager Komputer anda atau laptop anda, biasanya driver yang belum terinstall akan diberi tanda tanya tebal. (untuk menuju ke device manager klik kanan di my computer - pilih propertis - klik device manager). Hilangnya driver biasanya diakibatkan karena salah hapus file, terkena virus, instalasi windows yang tidak lengkap. dlln.
    • Cara mengatasinya : Download driver usb sesuai merek laptop anda atau bisa anda gunakan driver pack terupdate.
    • PORT USB Anda RUSAK - masalah ini sudah jelas jika dirasa dua dari penyebab diatas tidak mungkin terjadi atau bukan penyebabnya, maka dipastikan lubang port usb anda telah rusak, maka sytem pada motherboard yang terhubung pada usb tidak bisa membaca sebuah external usb dari port tersebut,
    • Cara mengatasinya : coba berulang kali masukin di port usb anda dan test apakah terbaca atau tidak (cobalah agak di miringkan kekiri dan kekanan), atau cobalah di komputer lain jika di komputer lain Flashdsik dapat terbaca maka sudah dipastikan port anda yang rusak. (coba cek di service laptop untuk mencari port usb merek laptop anda).
    • Flashdisk Terkena air dan tidak terbaca mungkin jika masalah ini pernah anda alami, cukup keringkan dengan kipas angin atau kipas pembersih debu, kemudian hangatkan atau jemur flashdisk tersebut setelah itu sihlakan dicoba lagi, masalah ini pernah saya alami dan bisa teratasi.
    Paling umum dari kerusakan flashdisk adalah meminta format, untuk hal ini jangan anda cepat - cepat format jika dirasa Data yang ada didalam flashdisk sangat penting (masih ada cara untuk mengambil file tersebut) yaitu dengan menggunakan software-software recovery usb yang bisa anda dapatkan pada google.

    pengalaman pribadi saya sendiri, ketika melihat flashdisk 32Gb (merek sandisk) yang saya miliki meminta format pada komputer orang lain saya sangat panik, namun saya rasa ini hanya sebuah virus saja, dan lantas benar saat di colokkan ke laptop saya sendiri flashdisk masih bisa terbaca, dan saya pun menghapus beberapa virus autorun dlln yang terdapat pada flashdisk dan hasilnya bisa terbaca di semua PC dan Laptop.

    untuk menghapus autorun secara manual, anda bisa langsung delete biasa, jika autorunnya sangat bandel ^_^ tidak mau dihapus cobalah memakai software "unlocker" dimana kalian klik kanan pada file autorun dan klik unlocker klik delete. sama halnya jika ada virus lainnya bisa anda coba delete pakai unlocker dan antivirus lainnya. recomendasi smadav pro dan avg. ohh iya cara ini bisa anda lakukan pada windows 7,8 maupun windows 10 dan terupade lainnya.

    Jika semua cara diatas telah anda coba namun tidak bisa maka telah dipastikan FLASHDISK anda terkena demam berdarah hehehehe just kidding gan, ya sudah pasti flashdisk agan sudah rusak solusinya ya beli baru gan...

    Tips " agar suatu saat tidak terjadi kerusakan yang umum sering terjadi" biasakan untuk mengeject flashdisk anda, jangan langsung main cabut,...Ok guys...

    Ok sobat itulah beberapa cara penyebab serta cara mengatasi flashdisk tidak terbaca pada port usb laptop maupun komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. jangan lupa baca artikel menarik saya yang lainnya tentang programmer, blogger, informasi menarik dlln. thanks

    - Berkomentarlah dengan sopan.
    - No Link Aktif, SPAM, SARA P#RN.
    - Jangan membalas yang tidak sesuai tema.
    - Untuk "PM/tanya hal penting" bisa lewat Social Media yang saya miliki, sekalian Kenalan dengan Admin ^_^.
    EmoticonEmoticon