apa itu Tag, Element, dan Atribut yang ada pada HTML

Tags

apa itu Tag, Element, dan Atribut yang ada pada HTML - hello sobat,artikel ini kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Aplikasi untuk menjalankan bahasa web HTML, jadi jika anda telah mengetahui software apa saja yang bisa anda pakai , maka langsung saja saya akan memberikan materi  tentang apa itu Tag, Element, dan Atribut yang ada pada HTML.

apa itu Tag, Element, dan Atribut yang ada pada HTML

Apa itu Tag ?

Tag di HTML, merupakan sebuah perintah awal dimana akan memberitahukan jenis-jenis type text, dan element dalam sebuah koding HTML, maka Sebuah Browser akan mengetahui jenis - jenis Text yang di buat, seperti bentuk text paragraf, list, link, icon dlln. maka inilah yang dinamakan Tag Di HTML.

Tag sendiri mempunyai perintah Start ( atau awalan ) dan end (akhir), dalam sebuah algoritma pastinya anda tahu, bedanya di dalam sebuah Tag HTML mereka lebih menggunakan type tag yang berbeda dan bersarang ke dalam, tergantung awalan Tag apa yang dipakai.

perumpamaannya, saya membuat sebuah tag <span> maka penutup tagnya seperti ini </span> . dimana ada pembuka atau tag awal maka tag itu harus di tutup dengan tanda "/" (garis miring) . dan diantara Tag ada Dua simbol panah kiri dan kanan seperti ini "<" ">" dan ditengahnya dapat anda tulis type tag yang anda pakai seperti "span".

contoh dalam penulisan HTMLnya :

saya akan jabarkan agar lebih mudah . <tag awal> Text akan di tuliskan di sini </tag akhir>

berikut contoh penerapan pada sebuah tag paragraf :
<p> kalimat yang anda baca ini terdiri dari sebuah paragraf ok bro </p>

ket :
  • <p> : tag ini merupakan sebuah perintah untuk menulis paragraf (P) .
  • </p>: tag ini merupakan penutup dari perintah batas Penulisan paragraf, hanya beda di garis miring saja "/".
bagaimana jika membuat kalimat tanpa tanda penutup tag, mungkin jika anda coba membuat kalimat paragraf sederhana di atas, browser masih bisa menampilkan, namun ada juga yang tidak, seperti saat anda membuat sebuah halaman blog, maupun halaman lainnya. maka HTML anda akan terlihat berantakan.

contoh - contoh tag lainnya lihat di bawah ini :
<p>ini merupakan kalimat paragraf </p> : TEXT PARAGRAF (paragraf)
<b>ini merupakan teks bold atau teks tebal </b> : TEXT TEBAL (bold)
<i>ini hanya sebuah kalimat miring </i> : TEXT GARIS MIRING (italic)

jika saya ingin membuat paragraf dan membuatnya dalam sebuah tag maka akan menjadi seperti ini contohnya :

<p> ini merupakan text paragraf yang di ketik oleh seorang mahasiswa USTJ, jurusan teknik informatika <i> dengan beberapa teks miring yang di ketik </i> serta paragraf yang ditulis mahasiswa ini <b>ada yang bercetak tebal</b>

maka output dari HTML di atas akan menjadi seperti ini :
"ini merupakan text paragraf yang di ketik oleh seorang mahasiswa USTJ, jurusan teknik informatika dengan beberapa teks miring yang di ketikserta paragraf yang ditulis mahasiswa ini ada yang bercetak tebal"

ada beberapa tag yang tidak mempunyai penutup , seperti tag <br> digunakan untuk break / pindah kalimat pada baris selanjutnya, seperti anda menekan enter di keyboard. ada juga <hr> horizontal line. tag - tag ini dikenal sebagai sellfclosing tag .

HTML seperti bahasa pascal, tag - tagnya tidak mengenal UPPERCASE atau dengan kata lain tidak mengenal tag - tag berhuruf besar, jika anda menuliskan tag paragraf seperti ini <p> atau ini <P> maka keduanya di anggap tetap sama, sebagai perintah paragraf. 

ELEMENT DALAM HTML ?

Element merupakan sebuah ID dalam suatu tag , seperti yang telah saya jelaskan di atas. element merupakan pemilik dari TAG tersebut.

jika saya membuat HTML seperti ini , <p> ini merupakan sebuah paragraf </p> maka elementnya adalah PARAGRAF P , karena P merupakan element dari paragraf tersebut.

element tidak hanya berisi text, namun ada juga yang berisi tag tag lain. yang di jadikan satu.

jadi yang dimaksud element merupakan tag awal yang merampung text yang dimuat. maka akan di baca sebuah paragraf tersebut mempunyai element P.

ATRIBUT DALAM HTML ?

atribut merupakan isi tambahan dari sebuah tag, biasanya ditambah dengan memberitahukan intruksi warna, tebal ,miring text. dlln. atribut sendiri memiliki pasangan nama dan nilai value ,biasanya di tulis seperti ini name='value'. diapit oleh dua buah tanda petik. anda bisa menggunakan tanda ( ' )atau ( " ). tetapi ada dimana perbedaan tempat ketika anda menulis tanda petik tersebut. entah saat membuat kalimat / membuat kerangka halaman blog/website.

contoh kode htmlnya :
<a href="http://www.itjenius.blogspot.com">ini merupakan Link</a>

pada contoh kode html di atas, bahwasannya href="http:itjenius.blogspot.com = atribut. href adalah nama dari atribut, dan http://www.itjenius.blogspot.com merupakan nilai value dari atribut tersebut.

pada kasus ini, tidak semua tag mempunyai atribut , contoh saat anda ingin membuat sebuah kerangka template blog, dimana mereka memakai atribut id dan class. dan tiap atribut tersebut memiliki nilai maupun nama masing - masing. yang di gabungkan dengan perintah CSS dan javascript.

dan HTML tidak hanya memiliki beberapa atribut tetapi ada banyak atribut yang bisa anda ketahui. atribut sendiri tidak bisa di pakai untuk sembarang nilai / value. contoh atribut dari href hanya di gunakan untuk <a> saja.

untuk belajar HTML lebih lanjutanya lagi, saya akan jelaskan di artikel selanjutnya Struktur-struktur Dasar pada HTML, semoga tutorial diatas dapat membantu anda mempelajari tentang apa itu Tag, Element, dan Atribut yang ada pada HTML.

- Berkomentarlah dengan sopan.
- No Link Aktif, SPAM, SARA P#RN.
- Jangan membalas yang tidak sesuai tema.
- Untuk "PM/tanya hal penting" bisa lewat Social Media yang saya miliki, sekalian Kenalan dengan Admin ^_^.
EmoticonEmoticon